Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Senin, 18 November 2013

Konfigurasi RIPv2 [Latihan Packet Tracer Ep-2]

Materi sebelumnya klik disini

Di Materi-materi seblumnya kita sudah coba melakukan static route dengan cara manual input dan kali ini kit akan coba paek alternatif dynamic route dengan menggunakan protocol routing. Dalam Peroutingan terdapat berbagai macam protocol yang digunakan. Kali ini kita akan coba mengkonfigure salah satu protocol routing yaitu:RIPv2. Sebelumnya buat jaringan seperti dibawah pada packet tracer:


Kriteria IP yang digunakan:


Untuk LAN A pada materi sebelumnya kita sudah setting dengan menggunakan DHCP server. Sekarang lakukan konfigurasi pada lan B terlebih dahulu dengam settingan manual sebagai contoh lihat gambar dibawah:


Pada gambar terdapat DNS server, karena pada LAN A terdapat DNS server kita bisa inputkan ipnya 192.168.10.1 sehingga computer LAN B akan bisa akses http:// www.kampoeng.com juga.
Lakukan hal yang sama pada PC4 dan PC5. Kemudian lakukan konfigurasi interface pada R1 terlbih dahulu:


Lalu konfigurasi interface pada R2:


Kemudian kita masuk pada inti dalam konfigurasi RIP v2 nya.
Sebagai tahap awal adalah:
1. Nyalakan service routing protocol dengan menggunakan command:
R1(config)#router rip
R1(config)#version 2

2. Masukkan network yang terhubung langsung pada router tersebut.
R1(config)#network ip tetangga

3. Karena sifat dari RIPv2 melakukan autosummary pada IP yang dikonfigure maka kita coba hindari kesalahan summarynya dengan command:
R1(config)#no auto
Berikut konfigurasi RIPv2 pada R1:


Berikut konfigurasi RIPv2 pada R2:


Sekarang kita bisa menecek hasil konfigurasinya dengan cara ketik command :show ip route


Gambar diatas menyatakan hasil konfigurasi RIP v2 pada R1. Bisa dilihat ada 2 ip yang ditandai dengan C yang artinya network yang bertetanggaan langsung dengan R1 . Kemudian ada satu IP yang dinyatakan dengan R, dan ini adalah network yang tidak terhubung langsung maka protocol RIP v2 ini lah yang bekerja mencari network yang ada di jaringan dan menyimpannya pada table routing.
dengan keterangan untuk mencapai network dengan  ip 192.168.20.0/24 bisa dilewati via 12.12.12.12.2 yang berupa ip pada R2 dan pernyataan[120/1 ] angka 1 nya menyatakan jumlah hop yang dilewati sebanyak 1 kali.Ingat hop dihitung hanya diantara router saja.


0 komentar:

Posting Komentar