Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Rabu, 06 November 2013

Form Database [Macroos episode3]

Materi sebelumnya klik disini

14. Sekarang untuk ketiga inputan no, nama dan NIM kita coba keluarkan outputnya di table dipilih juga
Caranya pada table dipilih:

Isi cell S3 dengan =C2
isi cell S4 dengan =C3
isi cell S5 dengan =C4


15. Kemudian pada form registrasi kita akan menambahkan button yang berfungsi menyimpan data yang telah diinput.Dengan cara: klik developer --> insert --> button


Jika pada saat kita meletakkan buttonnya muncul Assign Macro, di cancel saja lalu rename buttonnya dengan nama SAVE


15. Di sheet 2 kita akan membuat database yang sebenarnya, buatlah table database seperti berikut pada sheet 2 yang kita sebut  sheet database selanjutnya. Dan kali ini kita akan mulai menggunakan yang namanya MACRO tersebut.


16. Kita akan menggunakan table dipilih sebagai referensinya. Secara sederhana table dipilih akan kita pindahkan datanya ke database . Konsepnya adalah copy paste dengan menggunakan fungsi macro tersebut. Button SAVE akan menjadi transmisi data dengan database sehingga kita mulai merekam proses ketika tombol SAVE diklik. Maka buat proses Macro sebagai berikut:
Klik kanan button SAVE--> klik Assign Macro-->  Lalu pada Macro name kita ubah misalnya Latihan_Macro--> klik Record--> Macro name biarkan sama lalu klik OK. Dan perhatikan di developer  kita telah melakukan proses perekaman dengan ditandai adanya stop recording


17. Sekarang kita melakukan proses yang akan direkam, pada table dipilih blok data inputan --> klik kanan pilih copy--> masuk ke sheet database--> klik cell B5--> klik kanan pilih paste special--> dikarenakan sebelumnya datanya vertical ,maka untuk merubahnya jadi horizontal dengan memilih values dan transpose lalu klik OK


Kemudian data akan muncul lalu, agar inputan berikutnya tidak menimpa di cell B5, kita buat insert row setelah itu ke developer dan klik stop recording. Dan proses Macro sementara telah selesai.


18. Coba lakukan input data misal sebagai berikut:


Terlihat pada database informasinya bertambah dan tidak menimpa data sebelumnya.
seperti terlihat pada gambar ada beberapa kekurangan yaitu ada row kosong diawal dan urutan data no 1 akan menjadi paling bawah. Nah bagaimana kita meng-customizenya agar terlihat "eye-catching"
ikuti terus di next episode ya… 

0 komentar:

Posting Komentar