Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Senin, 04 November 2013

Memanfaatkan fungsi VLOOKUP [Macros episode2]

Materi sebelumnya klik disini

8. Untuk pemilihan program studi kita masih sebatas menampikan pilihannya dengan menginput rangenya yaitu kolom berisi list program studi dalam hal ini di kolom H2:H6. Kemudian ada pula fungsi cell link pada format control , dimana fungsi dari cell link ini adalah ketika kita melakukan pemilihan terhadap program studi kita akan letakkan infonya di cell yang mana. Misal kita akan meletakkkan di cell Q7 seperti berikut dan butlah terlebih dahulu keterangan yang dipilih seperti gambar dibawah:


9. Setelah table seperti diatas aatu yang kita beri nama table dipilih , maka klik kanan combo boxnya lalu pilih format control--> cell link --> klik cell Q7 lalu OK


10. kemudian cobalah memilih program studinya , misal anda memilih S1 Teknik Industri maka pada cell Q7 akan muncul  berupa angka 3 mengapa? Karena pilihan S1 Teknik industri merupakan list yang ke 3, maka jika kita ingin mengconvertnya kita membutuhkan beberapa bantuan field seperti berikut. Butlah informasi angka pada kolom G


11. Tambahkan pula kolom informasi pada table dipilih sebagai berikut


Pada cell S7 lakukan fungsi VLOOKUP  , sebelumnya blok G3 sampai H6 lalu klik kanan dan pilih Name a Range --> isi Name dengan program_studi lalu pilih OK.


kembali pada cell S7 ketik =VLOOKUP( R7,program_studi,2,FALSE). Sekilas mengenai fungsi Vlookup, R7 merupakan acuan nilai yang ingin kita terjemahkan, program_studi merupakan table array dimana informasi yang kita butuhkan ada pada table tersebut, angka 2 menujukkan spesifikasi informasi berada di kolom ke-2 dari table program_studi, FALSE berupa nilai yang tepat. JIka fungsi TRUE , semisal nilainya 2.5 tidak terdapat pada acuan maka secara otomastis dilakukan pembulatan keatas menjadi 3 dan bisa dikatakan fungsi TRUE akan memberikan nilai sedangkan FALSE tidak, untuk case kali ini kita pakai saja FALSE.

Jadi, seperti gambar diatas , ketika kita memilih program studi S1 Teknik Industri maka outputnya akan muncul angka integer 3 di table dipilih tepatnya di cell R7. Angka 3 disebabkan S1 teknik industry merupakan row ke 3 dari table program studi.dan fungsi VLOOKUP di cell S7 menconvert angka 3 tersebut menjadi S1 Teknik Industri.

12. Sama dengan  info program studi, untuk jens kelamin juga kita buat fungsi info integer dan Vlookupnya


 Setelah itu agar outputan pilihan jenis kelamin muncul di table dipilih, maka klik kanan combo boxnya sebagai sample untuk combo box perempuan saja dahulu, lalu pilih format control--> cell link --> klik cell R6 lalu OK


Anda tidak perlu melakukan hal yag sama pada combo box laki-laki , karena secara otomatis akan terupdate di outputan yang sama.
13. untuk fungsi VLOOKUP ,Sebelumnya buat table sebagai berikut:


Lalu , beri nama table tersebut dengan cara blok dari K3 sampai L4 lalu klik kanan pilihName a Range --> isi Name dengan jenis_kelamin lalu pilih OK.



Setelah itu lakukan fungsi VLOOKUP pada table dipilih tepatnya di cell R6. Fungsi VLOOKUP :  =VLOOKUP( R6,jenis_kelamin,2,FALSE). Maka akan muncul seperti berikut:


to be continue...

0 komentar:

Posting Komentar