Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Rabu, 20 November 2013

Konfigurasi EIGRP [Latihan Packet Tracer Ep-4]

Masih meggunakan konfigurasi jaringan yang sama, kita akan mencoba melakukan konfigurasi protocol routing yang lain yaitu : EIGRP. Dalam protocol EIGRP dikenal istilah AS atau singktan dari Autonomous System.


Langsung saja kita masuk dalam proses konfigurasinya. Karena sebelumnya menggnakan OSPF maka kita nonaktfkan atau hapus terlebih dahulu dengan cara :
R1(config)#no router ospf 10
R1(config)#do copy run start

gunakan pada command diatas untuk semua router .
Setelah semua router besih dari protocol maka ikuti langkah2 dalam konfigurasi EIGRP:
1. Aktifkan EIRP dengan cara : R1(config)#router eigrp 100
angka 100 merupakan AS dalam jaringan dan case kali ini untu semua jaringan kita hanya menggunakan satu buah AS. Perlu diperhatikan nilai AS rangenya adalah 100-999. AS ini hamper mirip seperti area pada OSPf yang tujuannya adalah untuk mengatur ketetanggaan atau adjacent antar router.

2. Masukkan semua network yang directly coonected dengan router yang bersnagkutan dengan cara:
R1(config)#network Ip tetangga wildcard
3. Dalam meghindari router mempelajari ip route dan melakukan summary sendiri yang mungkin akan berdampak pada kesalahan informasi IP, maka gunakan command berikut: R1(config)#no auto

Berikut capturan dari konfigurasinya:
R1:


R2:


R3:


R4:


Database yang ada pada router baik menggunakan rip, eigrp, dan ospf semuanya di simpan dalam RAM, jadi hanya bersifat sementara. Maka jika router dimatikan dan dinyalakan , router tersebut akan mengulang kembali membuat table routing dengan metode adjacentnya masing-masing.
Berikut command untuk menampilkan database yang ada pada router eigrp:
R1#show ip eigrp topology ,sebagai contoh dari hasil konfigutrasi yang kita buat :


Simbol P berarti Passive yang menyatakan bahwa router tersebut telah selesai melakukan konvergensi dengan router lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar