Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Senin, 23 September 2013

WCDMA Capacity Features

Dalam menggabungkan  beberapa user yang membutuhkan bitrate yang besar dengan yang kecil sekaligus kita gunakan SF. Di dalam sebuah carrier sinyal, terdapat SF yang beragam yaitu SF kecil, SF sedang, SF besar.
 

Kita bisa ibaratkan capacity dengan ilustrasi sebagai berikut:


Misal gambar truk merupakan sebuah carrier yang mampu menampung user. Jika kita ingin memasukan beerbagai jenis hewan yang memiliki ukuran yang berbeda dalam hal ini ini berbeda bitrate, maka kita dapat mengetahui kapasitasnya dengan menghitung jumlah kemungkinan dari ketiganya. Jadi kapasitas yang ada pada 3G itu sifatnya berubah-ubah (soft capacity) .

Ada 3 elemen penting yang perlu diperhatikan dalam network WCDMA  yaitu: capacity, quality, coverage.
Adapun beberapa metode optimasi yang sering digunakan sebagai berikut:

1.optimasi arah uplink
Untuk membuat sensitivitas semakin baik, maka perlu ditambahkan sebuah amplifier. Sehingga power user yang kecil bisa dilakukan penguatan lagi. Atau dengan cara membuat antena yang lebih banyak. Sebagai contoh : 1 sektor memiliki 2 atau 4 buah antenna dengan menggunakan metode OTSR( Omni Transmited Sectoral Receive)

2.optimasi arah downlink
caranya dengan : diversity, amplifier, menambahkan jumlah sector atau menambahkan carrier.
Jumlah jumper yang terhubung ke antena biasanya ada 2 buah yang menggunakan metode diversity. Metode diversity merupakan metode yang membedakan jalur sinyal yang dikirim dengan yang di terima. Jenis  diversity yang biasanya digunakan adalah polarization diversity. Polarization diversity merupakan dua  buah antena yang mempunyai dua arah polarisasi yang berbeda sebagai contoh sudut 450 dan yang satunya sudut -450.


Umumnya pada antena node B terdapat 2 Rx dan hanya satu Tx secara tidak langsung ini menyatakan bahwa untuk receiver digunakan diversity sedangkan untuk transmit tidak. Jika kita perhatikan pada towernya terdapat banyak antena mengapa demikian? Hal itu untuk mendapatkan gain yang lebih directional  dan bisanaya anatenanya dibuat sektoral. 

0 komentar:

Posting Komentar