Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Sabtu, 28 September 2013

Konsep Subnetting

Dalam membangun jaringan yang kompleks atau besar umumnya dilakukan subnetting sebagai efisiensi sebuah network. Apa itu subnetting? Itu bakal menjadi pertanyaan yang mendasar yang mungkin Anda tanyakan. Dalam hal ini saya akan membuat ilustrasi sebagai berikut:


Convert ke konsep jaringan:

Terlihat bahwa di perumahan tersebut ada satu buah RT yang menjadi IP broadcast di sebuah jalan atau pun IP network. Sedangkan rumah yang lainnya dianggap sebagai host. Ketika perumahan tersebut semakin berkembang, dan terbentuklah gang- gang kecil menjadi seperti gambar di bawah ini:


Convert ke konsep jaringan:

Terlihat dengan adanya subnetting akan memmbuat optimalisasi dan efisiensi kerja dari jaringan tersebut dikarenakan jalur lalu lintas tidak lagi berpusat pada jalan yang besar tetapi terbagi ke beberapa ruas gang. Gang tersebut lah yang dinamakan subnet . Masing –masing dari subnet akan memiliki Broadcast dan Host Address.
Selain itu ada pula istilah Subnet mask yang digunakan untuk membaca bagian network dan hostnya. Dengan subnet mask kita bisa menentukan IP apa aja yang menjadi subnet, broadcast , dan hostnya. Untuk jaringan yang tidak dibuat subnetting, memilki subnet mask yang default berikut contonhnya:


untuk materi selanjutnya bisa dilihat disini

0 komentar:

Posting Komentar