Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Senin, 10 Maret 2014

Service Provider Name (SPN)

Coba perhatikan layar homescreen pada handphone Anda, maka akan terlihat tulisan kecil bertuliskan nama  operator yang anda gunakan sebagai contoh bertuliskan TELKOMSEL, INDOSAT, XL, 3, dsb. Bagaimana proses munculnya tulisan tersebut? 

Nama bekend di ranah telekomunikasi, tulisan tersebut dinamakan sebagai SPN (Service Provider Number). SPN ini umumnya ditanamkan dalam SIMcard yang terintegrasi dengan  OTA. Lalu apakah itu OTA? OTA( Over The Air) merupakan sebuah standard transmisi wireless yang mampu mendukung aplikasi berbasis informasi sebagai salah satu provider yang  telah mensupport OTA adalah SmartTrust. Jadi ketika SIMcard tersebut diaktifkan maka secara OTA dengan memanfaatkan informasi network dari sisi MNC dan MCC saja, SPN tersebut akan bisa muncul dengan nama provider yang tentunya mengglobal.

Tetapi secara bisnis bagaimanakah cara mengubah pelanggan existing yang sudah memiliki SIMCard dengan SPN global tersebut mampu diubah oleh operator yang bersangkutan menjadi SPN khusus, misalkan menampilkan sebuah tulisan yang bukan lagi nama operator melainkan nama produk tertentu misalnya,atau nama daerah dimana pelanggan berada, dsb. Berikut adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan.


Istilah dari Probelematika diatas dapat dikatakan melakukan PUSH SPN. Berikut arsitekturnya:


Misalkan SPN awal adalah INDO yang menyatakan nama operator yang sudah mengglobal akan diubah menjadi GOLD SUBS yang menyatakan pelanggan tersebut digolongkan sebagai pelanggan special dimana misalkan pelanggan tersebut memiliki jumlah penggunaan pulsa yang diatas rata-rata dalam sebulan sehingga ia berhak mendapatkan diskon di beberapa tempat tertentu dengan cara menunjukkan SPN tersebut dan masih banyak lagi penggunaannya secara keinginan bisnis.

Data warehouse adalah sebuah database yang menampung dan menyimpan data-data pelanggan baik dari ARPU, usage, identitas,dsb. Dari data tersebut maka pelanggan tersebut dapat dibagi dalam beberapa kategori . Misal data usage pelanggan tersebut di load sistem data warehouse dan menunjukkan hasil bahwa pelanggan tersebut telah dikategorikan sebagai pelanggan GOLD maka data dengan data MSISDN pelanggan tersebut beserta informasi IMSI bila diperlukan , akan dikirimkan ke DP  (Delivery Platform) sebuah produk dari SmartTrust . Kemudian DP tersebut akan mengubah inputan file menjadi file FCD dan SLD


Data inputan dari Data Warehouse tersebut  umumnya berbentuk text file dengan informasi MSISDN dan IMSI yang dipisah dengan tanda koma. Kemudian file WO(work order) yang berisi informasi bagaimana  cara mengeksekusi WO, membentuk FCD dan SLD secara bersamaan serta  informasi tanggal, validity, priority , dsb akan dibuat. Selanjutnya dari WO tersebut akan dijadikan dalam  dua file oleh DP yaitu FCD dan SLD. 

File pertama yaitu FCD merupakan file yang akan berisi informasi apa yang harus dilakukan sistem DP, menentukan status messages dan file update. Sedangkan file kedua yaitu SLD akan berisi informasi berupa penentuan SIM files apa aja yang akan bisa mendapatkan perubahan, serta informasi MSISDN dan IMSI tersebut. Dan pada akhirnya DP akan melakukan PUSH SPN melalui OTA dan kini di handset pelanggan telah mengalam perubahan SPN. 

0 komentar:

Posting Komentar