Coba
perhatikan layar homescreen pada handphone Anda, maka akan terlihat tulisan
kecil bertuliskan nama operator yang
anda gunakan sebagai contoh bertuliskan TELKOMSEL, INDOSAT, XL, 3, dsb. Bagaimana
proses munculnya tulisan tersebut?
Nama bekend di ranah telekomunikasi, tulisan tersebut dinamakan sebagai SPN (Service Provider Number). SPN ini umumnya ditanamkan dalam SIMcard yang terintegrasi dengan OTA. Lalu apakah itu OTA? OTA( Over The Air) merupakan sebuah standard transmisi wireless yang mampu mendukung aplikasi berbasis informasi sebagai salah satu provider yang telah mensupport OTA adalah SmartTrust. Jadi ketika SIMcard tersebut diaktifkan maka secara OTA dengan memanfaatkan informasi network dari sisi MNC dan MCC saja, SPN tersebut akan bisa muncul dengan nama provider yang tentunya mengglobal.
Nama bekend di ranah telekomunikasi, tulisan tersebut dinamakan sebagai SPN (Service Provider Number). SPN ini umumnya ditanamkan dalam SIMcard yang terintegrasi dengan OTA. Lalu apakah itu OTA? OTA( Over The Air) merupakan sebuah standard transmisi wireless yang mampu mendukung aplikasi berbasis informasi sebagai salah satu provider yang telah mensupport OTA adalah SmartTrust. Jadi ketika SIMcard tersebut diaktifkan maka secara OTA dengan memanfaatkan informasi network dari sisi MNC dan MCC saja, SPN tersebut akan bisa muncul dengan nama provider yang tentunya mengglobal.
Tetapi
secara bisnis bagaimanakah cara mengubah pelanggan existing yang sudah memiliki
SIMCard dengan SPN global tersebut mampu diubah oleh operator yang bersangkutan
menjadi SPN khusus, misalkan menampilkan sebuah tulisan yang bukan lagi nama
operator melainkan nama produk tertentu misalnya,atau nama daerah dimana
pelanggan berada, dsb. Berikut adalah salah satu alternatif yang dapat
dilakukan.
Istilah
dari Probelematika diatas dapat dikatakan melakukan PUSH SPN. Berikut
arsitekturnya:
Misalkan
SPN awal adalah INDO yang menyatakan nama operator yang sudah mengglobal akan
diubah menjadi GOLD SUBS yang menyatakan pelanggan tersebut digolongkan sebagai
pelanggan special dimana misalkan pelanggan tersebut memiliki jumlah penggunaan
pulsa yang diatas rata-rata dalam sebulan sehingga ia berhak mendapatkan diskon
di beberapa tempat tertentu dengan cara menunjukkan SPN tersebut dan masih
banyak lagi penggunaannya secara keinginan bisnis.
Data
warehouse adalah sebuah database yang menampung dan menyimpan data-data
pelanggan baik dari ARPU, usage, identitas,dsb. Dari data tersebut maka pelanggan
tersebut dapat dibagi dalam beberapa kategori . Misal data usage pelanggan
tersebut di load sistem data warehouse dan menunjukkan hasil bahwa pelanggan
tersebut telah dikategorikan sebagai pelanggan GOLD maka data dengan data MSISDN
pelanggan tersebut beserta informasi IMSI bila diperlukan , akan dikirimkan ke
DP (Delivery Platform) sebuah produk
dari SmartTrust . Kemudian DP tersebut akan mengubah inputan file menjadi file
FCD dan SLD
Data
inputan dari Data Warehouse tersebut umumnya berbentuk text file dengan informasi
MSISDN dan IMSI yang dipisah dengan tanda koma. Kemudian file WO(work order) yang
berisi informasi bagaimana cara
mengeksekusi WO, membentuk FCD dan SLD secara bersamaan serta informasi tanggal, validity, priority , dsb
akan dibuat. Selanjutnya dari WO tersebut akan dijadikan dalam dua file oleh DP yaitu FCD dan SLD.
File pertama
yaitu FCD merupakan file yang akan berisi informasi apa yang harus dilakukan
sistem DP, menentukan status messages dan file update. Sedangkan file kedua
yaitu SLD akan berisi informasi berupa penentuan SIM files apa aja yang akan
bisa mendapatkan perubahan, serta informasi MSISDN dan IMSI tersebut. Dan pada
akhirnya DP akan melakukan PUSH SPN melalui OTA dan kini di handset pelanggan
telah mengalam perubahan SPN.
0 komentar:
Posting Komentar