Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Jumat, 28 Maret 2014

Operator Join With Blackberry(RIM)

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Indonesia kini menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna blackberry terbanyak tentunya dengan dukungan dari berbagai operator Indonesia dalam implementasinya . Blackberry OS merupakan  hasil produk dari RIM (Research In Motion), sebuah perusahaan telco di Kanada yang menawarkan layanan BBM instant messaging. Jadi ketika operator Indonesia melakukan kerjasama dengan RIM maka secara network, operator Indonesia tersebut haruslah terhubung dengan server RIM secara langung baik ada yang di Kanada atau bisa juga melalui negara Singapura.


Gambar diatas merupakan gambaran highlevel dari topology network dari BB OS. Penjelasannya sebagai berikut:

Disisi akses seperti yang kita ketahui terdiri dari BTS/node b dan BSC /RNC.  Ketika pelanggan BB melakukan akses, maka data blackberry tersebut akan diteruskan kearah SGSN yang terintegrasi dengan HLR dalam hal mengecek profile pelanggan apakah pengguna blackberry atau tidak. Jika ya maka akan diberikan APN blackberry.net yang secara implisit berupa alamat IP. HLR juga terhubung dengan SOA terkait dengan CM parameter misalkan SRVTPnya:PN/S/L/C/EP dan BBEPAR:Yes, dsb.

Setelah dari SGSN maka traffic akan diarahkan ke GGSN dan kemudian di teruskan ke CSG. Di CSG logic dari traffic blackberry hanya akan di by pass oleh CSG dalam artian tidak ada pengecekan kearah billing dan akan langsung diteruskan ke BG hingga sampai pada RIM server.
Jika pelanggan dari awal hanya melakukan akses internet saja,  CSG akan melakukan proses logical kearah billing misalkan terkait dengan pulsa yang dimiliki, paket yang dimiliki , dsb. Dan dalam hal ini subscriber diberikan APN local dari operator bukannya APN blackberry. Sehingga aksesnya hanya akan diarahkan internet cloud dari operator yang bersangkutan bukan diarahkan ke RIM.

Nah, kembali lagi untuk proses blakberry, setelah sampai di RIM server, maka dilakukan provisioning terhadap SRVTP nya dengan catatatn RIM server akan memberikan xml code atau API terhadap masing-masing SRV. Dan kini pelanggan pun telah bisa melakukan BB messages.

To be continue…

0 komentar:

Posting Komentar