Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Minggu, 06 Oktober 2013

Instalasi Joomla3.1 [Joomla3.1 episode2]

Materi sebelumnya klik disini

Setelah kita melakukan instalasi aplikasi-aplikasi pendukung Joomla, kini kita akan belajar membuat database dengan MySQL terlebih dahulu sebagai kebutuhan dasar untuk instalasi Joomla nantinya. Pertama-tama kita jalankan kembali Apache dan MySQL hingga muncul status running. 


Pada MySQL ketik Admin dan kita akan di arahkan ke sebuah browser dengan alamat http:localhost/phpmyadmin/. Cara lain cukup ketikkan saja link http:loacalhost/phpmyadmin/ di browser tetapi pastikan bahwa aplikasi MySQL telah berjalan.


Kemudian create sebuah database baru misalkan saya memberi namanya dengan globaldatabase. Perhatikan bahwa hindari penggunaan tanda spasi dalam pembuatan nama tersebut . Lalu tekan tombol create dan akan muncul tampilan success seperti di bawah ini.


Kini database MySQL kita telah di created. Sekarang kita masuk dalam proses instalasi Joomla. Sebagai permulaan  masukkan link  website joomla yaitu  http://www.joomla.org/ lalu lakukan download untuk file zipnya.


Setelah selesai melakukan lakukan download, Extract file zip Joomla tersebut di directory kita melakukan instalasi XAMPP. Sebagai contoh adalah extract ke D:\XAMPP\htdocs. Sebelumnya agar terlihat lebih rapi buat folder tempat extractnya sebagai contoh Saya beri nama joomla


Selanjutnya masuk ke link http://localhost/joomla untukmengakses Joomla


Ada beberapa hal yang perlu diisi karena bersifat mandatory. Tahap awal pilih bahasa yang akan kita gunakan. Lalu isi sitename ,deskripsi, alamat email, dan passwordnya. Setelah itu tekan tombol next


Pada database Configuration , database type biarkan menjadi MySQL, Host Name tetap sebagai localhost, Username bebas di isi apa aja, Username ketik root , password tidak perlu diisi dan kemudian masukkan database name dangan nama database yang telah kita buat sebelumnya. Untuk Table Prefix di biarkan saja seperti yang ditampilkan dan Old database process pilih saja backup. Lalu pilih next dan akan muncul finalisasi screen

Untuk opsi Install Sample Data pilih saja Default English (GB) Sample Data. Dan klik tombol Install

Kita pun telah sukses mealkukan instalasi tapi masih bersyarat seperti yang dilingkari merah pada gambar diatas. Kita harus melakukan finishing yang aslinya dengan cara masuk kembali ke D:\XAMPP\htdocs. Di sana kita melihat ada sebuah nama folder installation. Hapus folder tersebut dan kini Joomla akan benar- benar telah sukses di install.

Selanjutnya kita akan membahas Joomla Editor, don't miss it ya... :)

0 komentar:

Posting Komentar