Nomor pelanggan di Indonesia
umumnya dibedakan atas dua yaitu prepaid dan postpaid. Prepaid merupakan nomor
yang dapat digunakan ketika kita melakukan pengisian pulsa terlebih dahulu,
sedang kan untuk nomor postpaid biaya dikenakan pada waktu tertentu sesuai
akumulasi dari penggunaan kita dalam waktu tertentu.
Post call Notification
merupakan salah satu fitur berupa informasi tenatang panggilan telepon yang
dikirimkan dalam pesan sesaat kita melakukan pemutusan panggilan. Jadi setelah nomor
pemanggil selesai melakukan panggilan maka operator akan memberikan informasi
dalam bentuk message misalnya yang berisi informasi lama panggilan, sisa pulsa
, masa aktif dan lainnya. Dan perlu diingat fitur ini hanya bisa dilakukan
untuk nomor prepaid karena informasi yang terkait yang dibutuhkan secara real
time hanya terdapat pada nomor prepaid saja.
Kali ini saya ingin coba
menjelaskan proses panggilan telepon dari tahap awal hingga munculnya post call
notification:
Gambar diatas merupakan flow
proses secara umum dengan penjelasan sebagai berikut:
1. Seorang pelanggan prepaid Indonesia yang terdaftar di Home PLMN dengan MSISDN: 081257499xxx yang kemudian disebut sebagai CLI (Calling Party Number) melakukan panggilan ke seseorang yang berada di Indonesia jua dengan MSISDN 081389000xxx atau bisa juga nomor tersebut sebagai OCdPN(Originating Called Party Number).
2. Kemudian secara standard laporan
HLR O-OSSS dihasilkan dalam bentuk
operasi INAP IDP yang ditrigger dari MSC ke SCP dengan menggunakan parameter-parameter
sebagai berikut:
- Service key=<unique value>
-CLI =<MSISDN>
-CdPN=<SAN>
-OCdPN=<called>
- Service key=<unique value>
-CLI =<MSISDN>
-CdPN=<SAN>
-OCdPN=<called>
Note: O-OSSS (Originating OSSS flag) merupakan sebuah flag yang menandakan adanya panggilan pada OSSS
3. Pada penerima IDP , ACS
akan me-load CSS Service Library dan Call Plan yang sesuai dengan parameter
didalam IDP
Note: SCP( Service Contol
Point) merupakan perangkat IN(intelligent Network) yang berfungsi menghandle
layanan voice. ACS merupakan salah satu aplikasi service pada SCP untuk
melakukan load , sedangkan CCS merupakan aplikasi pada SCP khusus untuk nomor
prepaid .
4. SCP mengirimkan Reservation
Request ke BE dengan cara mengirimkan CLI dan nomor tujuan tersebut yang bertujuan untuk keperluaan
rating ( pentarifan). Sebuah Panggilan
akan dikenakan tarif dengan memperhatikan CLI-DN, Product Type, Time of Day, Day
of Week dan special promo jika ada. Kemudian ketika BE telah berhasil melakukan
Reservasi terebut maka BE akan memberikan informasi ke SCP kembali.
5. SCP mengirmkan operasi
INAP CONTINUE. Request BCSM dikirmkan dengan membawa informasi dari nilai durasi
panggilan secara teori disesuaikan dengan avalaible balance( Pulsa yang
tersedia).
6a. Nomor Tujuan menjawab
panggilan dan terbentuklah Jalur physical untuk voice dari Nomor pemanggil
langsung ke nomor tujuan dan kemudian kedua nomor bisa saling berkomunikasi.
Jika Nomor pemanggil akan kehabisan pulsa saat panggilan sedang berlangsung
maka SCP akan memberikan warning tone sebelum pemutusan sambungan secara total
dilakukan oleh SCP.
6b. Jika Nomor Panggilan
melakukan called ke spesifik nomor IVR(Interactive Voice Response) Service
sebagai contoh melakukan isi ulang kartu , maka SCP akan memberikan respond ke
SRF dengan operasi INAP PA(Play Announcement) dan/atau PACUI(Prompt and Collect) ke beberapa
alamat SRF (Specialised Resource Function)berdasarkan operasi INAP CONTINUE
tentuya.
7. Ketka panggilan telah
berakhir baik pemutusan yang dilakukan dari kedua nomor tersebut maupun
pemutusan paksa dari SCP akibat pulsa pemanggil telah habis,maka SCP melakukan
debit terhadap BE account dan sisa pulsa akan dihilangkan reservasinya.
8. Pada akhir panggilan ,
sebuah Post Call Notification dikirimkan ke nomor pemanggil melalui SMSc IP Interface yang berisi informasi lama
panggilan, sisa pulsa,dan masa aktif.
Kini SCP memiliki fitur dalam menyimpan teks contentnya sehingga hanya perlu
pemetaan PPID dari sisi ES (perangkat billing/amdocs) terhadap kontent message
yang akan dikirimkan ke pelanggan via SMSc. PPID tersebut berisi informasi
berupa lama panggilan, sisa pulsa , pulsa yang terpakai dan masa aktif.
0 komentar:
Posting Komentar