Sering sekali ditemukan perencanaan reparenting maupun
rehoming disisi operator telekomunikasi guna mengoptimalkan jaringan yang ada.
Secara sederhana Reparenting padat eknologi 2G merupakan pemindahan koneksi MSC yang satu ke MSC yang lain, jadi beberapa BSC yang misalnya di
handle oleh MSC Aakan dpindahkan seluruhnya ke MSC B. Sedangkan Rehoming perpindahan koneksi BSC, dimana
beberapa BTS yang dihandle oleh BSC A akan dipindahkan ke BSC B misalnya. Agar
lebih jelas perhatikan gambar di bawah:
Umumnya prosedur dalam melakukan reparenting pada operator
punya flow proses tersendiri. Sebagai contoh tim OSS awalnya akan
menginformasikan site-site mana saja yang akan dilakukan optimalisasi dengan
rencana reparenting tersebut. Kemudian informasi tersebut akan diambil oleh tim
BSS biasanya tim RND , lalu menginputkan informasi site yang akan di lakukan
plan reparenting kedalam website yang terintegrasi dengan system billing. Informasi tersebut diidentifikasikan dengan
yang namanya CGI (Cell Global Identification). Apa itu CGI , coba lihat
ilustrasi sebagai berikut :
CGI berisi 4 kumpulan angka, yang terdiri dari MCC, MNC, LAC
dan CI. Jika kita meninjau negara
Indonesia maka semua operator akan memiliki nilai CGI yang diawali dengan MCC= 510 sebagai idenifikasi operator tersebut berada di Indonesia yang sudah distandardkan, sedangkan dalam
menentukan tipe operatornya maka dibedakan pada MNCnya, misalkan untuk operator Telkomsel MNCnya
=10, XL= 11, Indosat=01. Selanjutnya nilai LAC dan CI sepenuhnya di create oleh
masing-masing operator.
Seperti yang dijelaskan dalam melakukan reparenting di
butuhkan informasi CGI yang akan berubah. Misalkan akibat perpindahan MSC , CGI
akan mengalami perubahan, namun umumnya
yang berubah hanya pada informasi LACnya saja. Sebagai contoh CGI awal adalah: 510-10-67812-12345
,akibat rencana reparenting maka CGI nya akan diubah menjadi CGI baru: 510-10-67811-12345
.Berikut ilustrasi pada table inputan RND
Karena system Web tersebut terintegrasi dengan system billing
, maka data tersebut akan diload dalam waktu tertentu agar data CGI di sisi
Billing juga terupdate. Lalu pertanyaannya , apa hubungannya informasi CGI ini
disisi Billing? . Umumnya CGI ini akan diolah operator dalam menentukan tariff
pelanggan. Contoh kasarnya, misalkan pelanggan yang berada pada CGI 1 akan memiliki
tariff telepon Rp.X/menit, sedangkan pelanggan yang berada pada CGI2 akan memiliki tariff telepon sebesar Rp
Y/menit. Maka penting untuk mengupdate data CGI disisi billing karena berhubung
langsung dengan pentarifan pelanggan. Dan database di sisi Billing secara
otomatis melakukan update untuk plan reparenting.
Dalam case diatas saya coba ambil contoh CGI reparenting
yang benar-benar baru, dalam artian CGI tersebut belum pernah dipakai disisi
Billing, dimana CGI baru ini akan mereplace CGI yang lama, sehingga nantinya
CGI yang lama tidak terpakai lagi. Ada kalanya kasus dilapangan, CGI plannya
berupa CGI yang pernah ada di system
Billing, sehingga diperlukan logic yang mengidentifikasikan apakah CGI itu sudah
pernah dipakai atau belum. Sehingga nantinya di dalam database tidak terjadi
duplicate CGI yang bisa menyebabkan system Billing memiliki hasil ambiguitas
dalam menentukan parameter CGI yang tepat dalam menghitung tariff pelanggan.
Hal ini terjadi pada umumnya untuk BTS Mobile yang sering berpindah-pindah
tempat bahkan kembali ke tempat asal.
Kembali lagi pada proses , Terlihat bahwa CGI plan telah
terupdate walaupun CGI tersebut belum riil ada di lapangan. Selanjutnya tim RND
akan request EWO ke tim engineering dalam hal melakukan Eksekusi terhadap CGI
plan terebut dan activity repaenting tersebut umumnya dilakukan malam hari agar
tidak begitu menggagu pelanggan eksisiting. Dan ketika selesai dieksekusi, maka
tim OSS lapangan akan mengupdate CGI baru telah berhasil dilakukan dan database
di Web RND akan terupdate dengan otomatis dengan adanya skema reconciliation
terhadap kombinasi SiteID + CellName +CI
dan Billing akan terupdate pula dari informasi yang ada pada database
Web RND .
Dan skema reparenting pun secara umum telah selesai dilakukan.
Have a nice day! :)
0 komentar:
Posting Komentar