Slide Title 2

Morbi quis tellus eu turpis lacinia pharetra non eget lectus. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec.

Slide Title 3

In ornare lacus sit amet est aliquet ac tincidunt tellus semper. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas.

Sabtu, 22 Februari 2014

Mengenal Application Gateway

Application gateway banyak digunakan oleh operator-operator ketika akan bekerjasama dengan perushaan-perusahaan penyedia content (Content Provider) dikarenakan dengan system security dari application gateway cukup handle jika menghubungkan system internal sebuah operator dengan system luar yaitu Content Provider itu sendiri. Banyak fitur yang disediakan oleh application gateway dengan tingkat management content yang cukup baik pula. Berikut secara sederhana high level dari arsitektur application gateway.


Misalkan sebuah operator menyediakan beberapa layanan kepada pelanggan seperti : sms banking, quiz, campaign, SMS chat, social media,online shopping. Ketika Pelanggan memilih layanan tesebut umumnya menggunakan SMS, dan disisi operator disebut sebagai SMS MO (Mobile Originating) dan umumnya akan disettting disisi billing SMS MO untuk layanan tersebut=Rp 0, agar pelanggan tidak dikenakan biaya. Peranan SOA diatas adalah app gw akan melakukan request data pelanggan ke a rah SOA apakah pelanggan tersebut eligible atau tidak mendapatkan layanan. Jika eligible request dari pelanggan akan di arahkan ke content provider. Kemudian application gateway akan menginformasikan kepada pelanggan dengan SMS MT( Mobile Terminating) berupa akses telah sukses, atau informasi yang diinginkan oleh pelanggan.

Secara umum fungsi utama dari application gateway diantaranya:
1.  Untuk memanage content
2. Mampu mengahandle pembelian melalui beberapa channel seperti: SMS, USSD, WAP, STK, API, dan MMS
3 .Menggunakan HTTP proxy sebaga aliasing nomer pelanggan dan juga dalam memfilter content
4. Bisa melakukan dirct SMS ke pelanggan melalui network
5. Direct charging ke Billing diameter
6. Memiliki banyak tipe model charging seperti: SMS MO/MT, flexible charging, keyword based)
7. Memiliki GUI yang configurable
8. Menyimpan call detail record, memiliki log data transaksi, dan teredianya database subscriber yang               merequest content tersebut.



To be continue…

0 komentar:

Posting Komentar